Home > Auto Klasik > Monster Tua Bermesin 21.700 cc
KISAH Mefistofele diawali pada 1908, ketika Fiat memperkenalkan mobil balap Grand Prix SB4 bersistem penerus putaran menggunakan rantai ke roda belakang. Setelah melihat performanya di arena balap, Sir Ernest Eldridge dari Inggris membeli kendaraan tersebut untuk upaya memecahkan rekor kecepatan.
Satu yang menjadi kendala saat itu. Mesin asli berkapasitas 18.0 liter dianggap kecil oleh Elridge. Oleh karena itulah ia memutuskan mengganti mesin tersebut dengan mesin pesawat terbang berpendingin cair buatan Fiat dengan kapasitas 21.7 liter.
Mesin 6 silinder segaris berkode A-12 Bis ini mampu menghasilkan 320 hp pada 1.800 rpm setelah di-upgrade di beberapa komponen, seperti pemasangan empat buah katup dan empat busi di tiap silindernya.
Untuk bisa mengusung mesin pesawat yang besar dan berat, Eldridge memperpanjang sasis SB4 menggunakan komponen bus London. Sementara untuk memutar roda belakangnya, ia tetap menggunakan sistem rantai seperti pada sepeda motor.
Yang paling aneh, kendaraan ini hanya dibekali dengan rem belakang sehingga sangat sulit untuk mengendalikannya bahkan untuk pembalap yang sangat berpengalaman sekalipun. Dan yang paling menarik, para ahli hingga saat ini belum menemukan bagaimana mekanisme yang dimiliki kendaraan tersebut untuk bisa mundur, bahkan hingga saat.
Sebutan Mefiosfele sendiri diberikan oleh para wartawan kala itu karena kendaraan tersebut kerap menghasilkan asap dan ledakan dari mesin besarnya. Sebutan tersebut muncul bertepatan dengan dipecahkannya rekor kecepatan di Arpajon, Prancis pada 12 Juli 1942.
Saat itu kendaraan dengan panjang 5,1 meter berbobot 2 ton tersebut berhasil mencatatkan kecepatan 234,980 km/jam yang dikendarai sendiri oleh Eldridge. Momen ini juga tercatat sebagai kegiatan pencatatan rekor kecepatan darat terakhir yang digelar di jalan umum. Meskipun rekor tersebut hanya bertahan selama 32 hari, namun kepopuleran Fiat Mefistofele bertahan lebih dari satu abad setelah kelahirannya.
Tahun 1969, Pimpinan Fiat Giovanni Agnelli membeli mobil tersebut dari ahli waris Eldridge dan mengapalkannya pulang ke Italia untuk direstorasi secara menyeluruh guna melengkapi koleksi bersejarah perusahaan.
Mobil tersebut berfungsi secara sempurna dan dapat disaksikan di Centro Storico Fiat (Pusat Sejarah Fiat) di Turin, Italia. Namun sayangnya, mereka tidak memiliki video yang menggambarkan saat kendaraan tersebut beraksi.
Kendaraaan ini juga pernah ditampilkan di Geneva Motor Show 2011. Mefistofele berkapasitas mesin 21.7 liter tersebut sengaja ditempatkan persis di sebelah Fiat 500 TwinAir berkapaitas mesin 0.9 liter. (OL-07)
mediaoto/MI
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment