Home > Berita Otomotif > Lexus GX460 Tidak Semewah Fiturnya
KAMI mendapatkan gambaran sosok Lexus GX460 2010 dari pameran Auto Guangzhou di China pekan ini. Kalau boleh jujur, ini sangat mengejutkan karena dikemas dengan desain yang, maaf, tidak mencerminkan sebagai kendaraan mewah. Atau mungkin tren dunia tengah mengarah kesana?
Coba perhatikan lekuk-lekuk 'wajah' GX460 yang memiliki tarikan garis yang berkesan 'kurang hati-hati' dibanding dengan produk Lexus yang umumnya memiliki desain cenderung menonjolkan keanggunan serta kemewahan yang absolut.
Bagian sisinya nampak semakin 'aneh' dengan bentuk wheel arch yang sedikit meninggi di bagian belakang. Mungkin desain rumah roda seperti itu akan menonjolkan kesan bergerak cepat, namun itu sepertinya tak perlu bagi Lexus dengan status yang disandangnya.
Bagian buritannya berkesan 'ramai' sehingga mereduksi citra elegan yang harusnya bisa terpancar sangat kuat berkat kakuatan logo Lexus yang terpampang mencolok di bagian tenga penutup bagasi.
Sumber tenaganya berupa mesin V8 4.6 liter berkekuatan 300hp lebih dengan torsi sebesar 446Nm yang disalurkan pada keempat rodanya via transmisi otomatis 6-speed dan sistem Torsen all-wheel-drive. Sensor torsi differensial tengah Torsen dapat membagi 60% daya ke roda belakang pada kondisi normal.
Sementara pada kondisi tertentu, dapat ditingkatkan hingga 70% untuk meningkatkan stabilitas saat melibas tikungan.
GX460 mengadopsi suspensi Kinetic Dynamic Suspension System sebagai fitur standarnya. Suspensi hasil pengembangan terbaru Toyota ini secara aktif mampu mengurangi gejala body roll dengan mengaktifkan silinder hidrolis kecil yang terpasang pada perangkat anti-roll bar di bagian depan dan belakang.
Jika ingin mendapatkan kemampuan suspensi yang lebih mumpuni, tersedia fasilitas opsional berupa Adaptive Variable Suspensionmulti-mode yang menawarkan fitur untuk mengatur peredaman secara elektronik sehingga kekerasan suspensi dapat diseting sesuai selera pengendaranya.
Seperti pada Lexus model LX dan RX, GX460 dikemas dengan kelengkapan mewah. Jok depan dengan ventilasi dan pemanas, AC climate control,wiper dengan sensor air hujan, sensor lampu senja, kamera belakang dan pelapis kulit sudah merupakan perangkat standar. Begitu pula premium stereo system berfitur Bluetooth dengan 9 speaker.
Jika masih kurang, pemiliknya bisa menambahkan juga sistem pemanas di jok baris kedua, three-zone climate control, navigasi satelit, pemutar DVD di jok belaang dan audio sistem dari Mark Levinson berkelas premium dengan 17 speaker yang dapat diperoleh sebagai fasilitas opsional.
Perangkat keselamata aktifnya terdiri dari kontrol stabilitas, kontrol traksi, ABS, EBD dan BA.
Perangkat ini juga bisa di-upgrade dengan fitur berupa sistem monitor yang mampu mendeteksi kelelahan pengemudi dan sistem pendeteksi yang mampu memprediksi tabrakan yang mampu memperingatkan pengemudi sekaligus mengaktifkan seluruh perangkat keselamatan.
Sistem tambahan ini juga dapat 'menegur' pengemudi saat kendaraan keluar jalur melewati garis-garis marka jalan.
Fitur Keselamatan pasifnya berupa 10 unit kantung udara yang tersebar di seantero kabin. Dua di depan, side airbags di jok baris kedua dan ketiga, dua di bagian kiri kanan sepanjang jendela samping (curtain airbags) dan sepasang lagi ada di bagian lutut pengemudi dan penumpang depan.
Lexus GX460 diperkirakan bakal hadir di Amerika Serikat sekitar awal tahun depan, sementara untuk pasar lainnya, pihak Lexus maupun Toyota hingga saat ini belum mengeluarkan isyarat apapun. (Cdx)
sumber : mediaoto/MI
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
No comments:
Post a Comment